Minggu, 27 Januari 2013

Asal-usul Pesantren dan Perkembangannya di Indonesia



Pesantren yang merupakan “Bapak” dari pendidikan Islam di Indonesia, didirikan karena adanya tuntutan dan kebutuhan zaman, hal ini bisa dilihat dari perjalanan sejarah, dimana bila dirunut kembali, sesungguhnya pesantren dilahirkan atas kesadaran kewajiban dakwah Islamiyah, yakni menyebarkan dan mengembangkan ajaran Islam, sekaligus mencetak kader-kader ‘Ulama atau Da’i.   
Pesantren di Indonesia memang tumbuh dan berkembang sangat pesat. Berdasarkan laporan pemerintah kolonial Belanda, pada abad ke- 19 untuk di jawa saja terdapat tidak kurang dari 1.853 buah, dengan jumlah santri tidak kurang 16.500 orang. Dari jumlah tersebut belum termasuk pesantren-pesantren yang berkembang di luar Jawa terutama Sumatera dan Kalimantan yang suasana keagamaannya terkenal sangat kuat.
    Dari jumlah tersebut sebenarnya masih belum termasuk pesantren-pesantren kecil yang hanya memberikan pengajian al-Qur’an dan pengajian al- Qur’an tingkat dasar di langgar-langgar dan masjid. Padahal pada sensus tahun 1885 lembaga pengajian al-Qur’an tingkat dasar tersebut masuk ke dalam kriteria pesantren.
    Meskipun jumlah yang dikemukakan diatas hanya untuk Jawa, tidak berarti mengenyampingkan perkembangan pesantren diluar Jawa yang juga dari waktu ke waktu terus tumbuh dan berkembang.

0 komentar:

Design By Mr. Jack. Diberdayakan oleh Blogger.